Sabtu, 02 November 2019

Japan Day #1 : Mendarat Tengah Malam di Haneda Airport

Ketika akan membeli tiket, pilihan kami membeli SQ yang saat itu sedang ada promo. Kekurangannya hanya satu yaitu kami akan tiba Minggu dini hari di Tokyo sekitar pukul 1 dinihari kalo ngga salah. Sebenarnya kita sih ngga ada masalah karena planning awal kami, kami akan nunggu aja di bandara sampai kantor JR Pass buka, abis tuker tiket langsung deh naik shinkansen ke Hakodate. Tapi di tengah jalan ada perubahan rencana, pergi ke Jepangnya jadi rame - rame bareng Bapak, Ibu dan adiknya Bangkit hehehe dan karena beli tiketnya ngga barengan , alhasil susah banget nyamain arrival timenya 😓

Akhirnya dapet juga tiket untuk mereka, beda maskapai tapi arrival timenya paling deket yaitu JAL dan nyampenya sekitar pukul 5 sore waktu sana. Yah lumayan lah. Tapi artinya kita ngga bisa langsung ke Hakodate, harus nginep sehari dulu di Tokyo baru Seninnya kita bisa ke Hakodate.

Nah selanjutnya berarti kita harus mikirin abis landing jam 1 itu kita mau ngapain. Kita browsing - browsing, sebenernya ada Limousine Bus dari Haneda ke pusat kota Tokyo, maksimal jam 2 dini hari. Tapi kita ngga yakin banget kalau akan kekejer dari landing jam 1 dinihari, belom antre imigrasi, lalu antre bagasi, lalu beli tiket busnya, dan harus ke meeting point bus tersebut. Back up plannya, ya tidur di Haneda dulu sampai kereta pertama beroperasi aja baru abis itu ke hotel 💪

Hotel juga berarti khusus saya dan Bangkit harus book 2 malam supaya begitu sampai hotel bisa langsung check in (rata - rata check in hotel di Jepang itu jam 3 sore). Akirnya kami memutuskan untuk book hotel di daerah Asakusa yaitu APA Hotel Asakusa Tawaramachi Ekimae. Pertimbangannya dekat dengan stasiun dan Senso-ji Temple. Tapi begitu baca detail descriptionnya, APA Hotel ini menerapkan maksimum check in jam 11 malam. Kita coba e-mail menerangkan kapan kita landing dan perkiraan kita akan sampai hotel dengan harapan kita bisa check in lewat dari jam 11 malam. Syukur syukur bisa kekejer Limousine Bus yang jam 2 dinihari jadi sekitar jam 3 kita bisa sampai hotel. Tapi kalau ngga ya nunggu kereta pagi sekitar jam 5 pagi baru ke hotel. Syukurlah staffnya meng-iyakan request kami tersebut 😆 Oh ya satu lagi yang menarik, APA Hotel yang ini ada pemandian air panas umumnya alias onsen hahaha dari awal saya udah penasaran banget pengen coba onsen, jadi pas deh 💜..

Singkat cerita penerbangan kami lancar, seperti biasa saya pasti tidur di pesawat 💤 sementara Bangkit menghabiskan waktu dengan main games dan nonton film. In flight mealnya oke, biasanya saya ngga suka makan di pesawat tapi yang ini saya bisa makan. Sekitar pukul 1 kurang kita sudah landing dan langsung antre untuk imigrasi. Mungkin karena tengah malam jadi imigrasinya sepi dan cukup cepat. Yang saya suka dari Jepang, semua serba cepat dan efisien. Tidak lama keluar dari imigrasi, kami menuju pengambilan bagasi dan tidak lama kemudian bagasi kami muncul.

Syukurlah semua selesai cepat sekitar pukul 1 lewat 15 pagi, artinya kami bisa mengejar jadwal aiport limousine ke Asakusa. Tinggal mengikuti petunjuk di airport, kami menemukan self ticketing machine dan membeli 2 tiket lalu segera menuju limousine bus stop. Petunjuknya jelas kok ada di web mereka di sini dan untuk jadwalnya juga lengkap dan pasti on time. Oh ya, bus stopnya ada di luar bandara dan saat itu di bulan Januari lagi winter jadi lumayan kedinginan hahaha tapi tenang aja, ada ruang menunggunya lengkap dengan heater dan tentu saja vending machine 😍

Bus yang ditunggu datang juga akhirnya kita berangkat menuju Asakusa. Kami sudah cek jarak antara bus stop kami di Asakusa dengan hotel kami dan syukurlah cukup dekat. Kami sampai di bus stop kami di Asakusa View Hotel sekitar pukul 3 dan segera menyalakan google maps menuju hotel kami. Gini nih kalau jalan di Jepang, jam 3 pagi sepi aja berasanya aman dan ngga waswas sama sekali. Tidak lama kami sampai hotel dan proses check in yang syukurlah lancar. Yeaayyy ketemu kasur beneran hehehe 😂

Oh ya saya merekomendasikan hotel saya ini untuk yang salah satu tujuannya adalah Asakusa dan Senso - ji Temple karena bener - bener walking distance dari hotel. Tapiiii kalau mau di pusat keramaian mungkin lebih cocok di Shinjuku ya. Kamarnya sendiri kecil sekali tapi compact dan nyaman. Kami langsung mandi dan tidur.

Pagi harinya sekitar pukul 9 kami baru siap dan tujuan pertama kami adalah ketemu Hachiko di Shibuya hahaha Sebenernya tujuan utamanya ngopi di Bear Pond.

Tumben ya sekelilingnya sepi, padahal itu di belakangnya kan kursi dan selalu rame karena Hachiko ini emang terkenal buat jadi meeting point gitu

Foto sama idola

Foto sama panutan Uut

Setelah foto - foto dengan Hachiko, kami berjalan -jalan sambil mencari makanan yang menarik. Sempet jajan street food juga karena sebenernya udah laper banget, diinget - inget terakhir makan kan di pesawat ya pantes aja laper.

Lagi heits di Jepang kala itu

Akhirnya memutuskan makan di.... Coco Curry hahaha ya ampun ngulang trip pertama makanan pertama di Jepangnya makan Coco Curry. Tapi gimana ya, rasanya emang beda sih sama yang di sini 😋

Foto sama cinta sejatinya

Perut aman, hati senang kita lanjut jalan - jalan deh di sekitar Shibuya. Tapi memang sengaja jalan ke arah Bear Pond sih. Pas akhirnya ketemu Bear Pond langsung sumringah, lucu deh tempatnya..

Di Bear Pond pesen 2 latte dan ya ampun kok bisa sih kopi tapi creamy dan ada hint manisnya begitu. Terus ngga asam di lambung pula, pokoknya suka banget 💜

Enaaaaaa

Happy face

Nah kita di sini lumayan lama, ngopi sambil ngobrol - ngobrol sambil people watching. Duh saya suka banget suasananya jadi betah. Tapi karena Bangkit harus jemput Bapak, Ibu, dan Tio di airport akhirnya kami kembali ke subway. Tadinya saya mau ikut jemput ke Narita tapi kata Bangkit mending saya lanjut explore aja sayang waktunya kalau dua - duanya jemput. Baiklah, alhamdullilah dikasih me time, saya memutuskan explore Ueno. Tadinya mau ke Shimokitazawa tapi karena agak jauh dari hotel jadi pilih yang deket aja. Kebetulan Ueno cuma berjarak x stasiun dari hotel plus ada Ameyoko Market yang memang saya incar untuk diexplore.

Dan saya sama sekali tidak menyesal, Ueno menjadi salah satu tempat yang memorable untuk saya. Mungkin karena baru pertama kali berani explore tempat baru sendiri dan saya kan introvert juga jadi dikasih waktu sendirian gini beneran kayak ngecharge energi banget 😌 Di Ueno saya jalan muter - muter aja sambil motret - motret, sebenernya ketemu Ueno Zoo tapi sudah kesorean kalau mau masuk. Terus pas udah kedinginan baru melipir ke Ameyoko Market. Saya baru balik ke hotel setelah gelap dan tidak lama kemudian Bangkit dan keluarga sampai.

Setelah Bapak, Ibu dan Tio istirahat sejenak, barulah kami keluar lagi. Kali ini tujuannya Senso - ji Temple hehehe sekalian cari makan malam. Ketika di jalan kami menemukan Matsuya tanpa pikir panjang kami langsung masuk. Matsuya ini kayak Yoshinoya, sama sama gyudon chain terkenal di Jepang. IMO, Matsuya ini lebih enak dari Yoshinoya dan Sukiya 👌 Oh ya di Matsuya ini mereka pake ticket vending machine. Syukurlah semua cocok sama rasanya.

Baru lah setelah itu kami jalan - jalan keliling temple sampai sekitar pukul 10 malam dan sebelum kembali ke hotel tentu aja harus mampir ke minimart yaaaa hehehe ya ampun saya mah masuk minimart aja udah seneng banget.

Sampai hotel saya ngajakin pada ke onsen, tapi pada malu setelah saya kasih tau bahwa di onsen ngga boleh pakai apa - apa hahaha 😂  Pada risih ternyata. Saya sendiri sih mikirnya kapan lagi kan nyoba onsen terus kan ngga kenal ini ngapain malu 😎

Dan saya lagi lagi sama sekali ngga nyesel, enak banget ya ampun dingin - dingin terus berendem air panas. Apalagi di APA hotel ada onsen yang semi outdoor juga, uwuuu

Berendam di onsen ngga boleh lama -lama, kalau ngga salah maksimum 15 menit deh. Sebelum berendam harus mandi dulu jadi dijamin bersih kok. Kalau ada kesempatan nyoba onsen jangan ragu yaa, kalau pun malu ada kok pilihan private onsen.

Nah setelah selesai onsen, saatnya buka harta karun yang tadi saya beli di minimart yaituuu

Aaaahhh enak banget pudingnya. Puas banget hari ini. Nah besok pagi - pagi kita bakal perjalanan lumayan jauh ke Hakodate, jadi yuk istirahat lanjut besok 💕