Rabu, 14 November 2018

Japan Day #6, #7, dan #8 : Kanazawa dan Pulang..

Japan Day #3 : Universal Studio Osaka dan Makan Ramen Ichiran!
Japan Day #4 : Foto Prewedding di Jepang
Japan Day #5 :  Kyoto dan Nara

3 hari digabung menjadi satu sajaa hehehe karena isinya ngga bakalan banyak sih, bukan, bukan karena Kanazawa ini kurang menarik malah sejujurnya saya bersyukur sekali meluangkan waktu ke Kanazawa. Kanazawa ini kota yang tenang dan cantik sekali. Banyak hidden gem di Kanazawa ini dan masih less touristy.

Tapi sayangnya cuaca ketika kami di Kanazawa ini selalu mendung atau gerimis kecil, akhirnya kami kesulitan mengeluarkan kamera sampai akhirnya kami memutuskan di Kanazawa ini kami benar - benar mau menikmati kotanya tanpa foto foto hihihi

Kami berangkat dari Imamiya Station ke Osaka Station, dari situ kami menggunakan Limited Express Thunderbird ke Kanazawa, perjalanan sekitar 3 jam. Kami sudah beli perbekalan dulu sebelumnya di kombini, jadi kami bisa makan di kereta. Oh ya hal paling menyenangkan di Jepang saat musim dingin adalah, mesin penjual otomatis minumannya ada yang hangat juga, hihihi seneng banget dingin dingin bisa minum teh panas 😚

Pemandangan sepanjang jalan sebenernya indah banget, masih banyak salju di kanan kiri, tapi karena udah hari - hari terakhir di Jepang, cape saya udah numpuk, jadinya saya tidur sepanjang jalan 😜

Begitu sampai di Kanazawa, kami kagum banget sama stasiunnya. Arsitekturnya bagus banget, udah kayak bandara dan menyatu dengan pusat perbelanjaan Forus Mall. Nah, di Kanazawa ini kami akan menginap semalam, dan kami bener - bener save the best for the last, jadi kami pilih hotel yang lumayan di sini hehehe. Kami pilih Nikko Hotel Kanazawa karena dekat dengan stasiun, ratingnya tinggi, dan waktu itu kami mendapatkan rate yang affordable.

Tapi karena masih belum jam check in, kami memutuskan keliling kota Kanazawa dahulu. Rencana kami sih sebenernya akan menyewa sepeda, tapi karena hujan akhirnya kami berkeliling menggunakan bus. Lumayan, ada bus yang dioperasikan JR jadi karena kami pemegang JR Pass kami bisa naik bus itu 'gratis' deh.

Tujuan pertama kami hari itu adalah Kanazawa Castle, posisinya persis di seberang main attraction di Kanazawa yaitu Kenrokuen Garden. Tidak ada admission fee ya jadi gratis. Castlenya sendiri cantik sekali, kami sempat mampir ke coffee shop di dalam tamannya dan memesan teh sebelum berkeliling di area Kanazawa Castle.

Setelah puas berkeliling, kami memutuskan menyebrang untuk menikmati keindahan Kenrokuen Garden. Kenrokuen Garden ini masuk ke dalam 3 besar taman terindah di Jepang. Keindahannya dapat dilihat pada keempat musim, tapi favorit saya tentu saja pada saat musim dingin.

Gambar pinjem dari https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g298115-d321201-i37666387-Kenrokuen_Garden-Kanazawa_Ishikawa_Prefecture_Hokuriku_Chubu.html
Nah ketika saya berkunjung ke sana, karena sudah early spring, jadi saljunya tinggal sisa sisa aja sementara bunganya belum bermekaran hehehe tapi segitu aja tamannya masih cantik banget. Kalau mau kelilingin semua jengkal tamannya kayaknya perlu seharian deh karena tamannya luas banget. Kami hanya menghabiskan sore di sini sebelum kembali ke Kanazawa Station.

Loh kok balik ke Kanazawa Station, katanya nginep ? Iyaaa, kami ke sini cuma buat cari makan di Forus Mall. Nah rata - rata mall atau pusat perbelanjaan di Jepang itu, tempat makannya terletak di lantai paling atas, begitu juga dengan di Forus Mall. Kami muter - muter lama banget karena bingung mau makan apa. Tau sendiri kan restoran di Jepang hampir pasti majang tiruan makanan yang dijual di depan restonya, dan semua keliatan enak - enak tapi akhirnya Bangkit milih satu resto yang khusus menjual katsu. Tadinya kami ngga tau namanya apa karena tulisannya pake kanji, tapi akhirnya kita cari tau ternyata namanya Tomikinton.

Spesialisasinya tentu saja tonkatsu (pork katsu) tapi selain itu mereka juga jual beef katsu, chicken katsu, dan ada shrimp katsu juga. Kami pilih beef katsu, per set sudah termasuk nasi, sup, salad kol dan ada kuning telur plus soy sauce. Beef katsunya digoreng perfect menurut saya, ngga overcooked, masih ada pinkishnya mungkin medium kalau di steak. Renyah tapi di dalemnya incredibly juicy. Nasi, sup, dan salad kol free refill. Mayo wasabinya enakkkk banget OMG! Overall, enak bangettt. Makanan di Jepang cuma ada enak sama enak banget deh kayaknya.

Foto seadanya dengan kamera hp 😝

Selesai makan, kami mampir dulu ke Starbucks. Biasa, beli tumbler hehehe mainstream banget ya. Setelah beli tumbler (yang ternyata ngga dapet free one beverage padahal udah ngarep) dan nyobain matcha pudding (yang ena banget kenapa ngga masuk Indonesia sih 😡) baru deh kami kembali ke hotel dan ngga keluar lagi sampai waktu breakfast keesokan harinya hahaha. Kecapean plus di luar masih hujan plus kasur empuk, kamar hangat, pemandangan bagus. Lengkap banget deh.

Ini loh, enaaaaa banget

View from my room at Nikko Kanazawa

Breakfastnya ngga sempet saya foto tapi enakkkk banget, semenjak breakfast buffet di sini, penilaian saya ke breakfast hotel lain jadi agak gimana gitu 😝 Pilihannya ada western dan japanese. Pastrynya fresh dan enak semua (croissantnya enakkk), buffet japanesenya ada sashimi udang dengan telur udang yang manisnya ya ampun. Pokoknya enak semua ..

Setelah sarapan kami langsung check out karena hari ini ada 2 tujuan utama kami yaitu 21st Century Contemporer Museum dan Omicho Market. Hari masih sendu hujan gerimis. Untuk menuju ke museum kami harus naik bus. Udah gitu sempet salah naik bus lagi hahaha, tapi ngga apa apa, ngga nyasar pas travelling itu seperti sayur tanpa garam ya 😋

Sesampai di museum, ternyata sudah antre aja. Banyak juga peminatnya ya, saya ngga nyangka. Tapi antre tiketnya ngga terlalu lama kok, setelah beli tiket, kita harus cari loker kosong untuk taruh semua barang bawaan. Sebenernya di dalem ngga boleh foto - foto kecuali di area The Swimming Pool, tapi kamera ngga dilarang dibawa masuk jadi kami tetep bawa.

Museumnya sendiri bagus, enjoyable. Saya bukan penikmat seni yang ngerti seni kontemporer itu harus gimana sih sebenernya hahaha Tapi walau ngga ngerti, saya seneng liat - liat karya seni. Sering mikir ini senimannya bikin begini inspirasinya dari mana hehehe

Tepat makan siang, kami sudah rampung keliling museum. Laper dan kedinginan, kami sepakat cari ramen. Ada ramen shop terkenal di Kanazawa dan kebetulan sudah buka cabang di Jakarta, yaitu Ippudo. Karena sepertinya ngga jauh, kami jalan kaki aja deh. Modalnya cuma google maps dan ngga susah kok nemuinnya.

Ippudo di sini ada english menu (rata - rata resto di Jepang menyediakan english menu kok, jadi tinggal minta ke waitressnya aja). Lupaa makan apa di sini, tapi ramennya ngga memorable sih, yang enak banget malah gyozanya. Gyozanya luar biasa enaknya, haduh jadi kepengen lagi..

Setelah makan, kami lanjut jalan lagi ke Omicho Market. Omicho ini pasar segar, dan karena Kanazawa itu dekat laut jadi banyak hasil lautnya. Yang terkenal banget sih udangnya. Seneng deh jalan - jalan ke pasar, rasanya pengen beli seafoodnya yang seger - seger itu. Tapi ujung - ujungnya cuma beli teh hijau sama jajan soft serve ice cream.

Fresh Oyster

Alaskan King Crab di mana manaaa
Itu di seberang pintu masuk ke Omicho Marketnya

Soft serve ice cream di Kanazawa ini unik loh, karena disajikan dengan gold leaf alias lembaran emas. Harganya lupa kayaknya sekitar 500 yen deh. Rasanya gimana ? Ice creamnya enak, tapi sejujurnya gold leafnya ngga ada rasanya sih hehehe Tapi wajib coba ya kalau udah di Kanzawa.

Es krim emas emas 😝😝

Setelah puas keliling pasar, kami naik bus lagi menuju stasiun untuk kembali ke Osaka. Yahhh sudah habis liburannya sediiiih 😭😭.

Walaupun badan udan rontok banget rasanya, kami tetap memutuskan menghabiskan malam terkahir ini di Dotonbori baru setelah itu packing dan keesokan paginya kembali ke Jakarta.

Last dinner di Dotonburi 😖😭

Enyakkk

Ini juga enaa tapi lebih ena yang di Kyoto

Ahh, see you very soon Jepang